October 23, 2020

cialis12sample.com

Info Traveling dan Wisata

Penting Kebersihan Buah dan Sayur Saat Pandemi Corona

Penting! Kebersihan Buah dan Sayur Saat Pandemi Corona

Green Clean РDengan menjaga kebersihan buah dan sayur pada saat musim pandemi corona seperti ini sangat wajib. Hal ini bertujuan supaya buah dan sayur yang akan dimakan terhindar dari berbagai macam kotoran dan virus demi kesehatan diri dan keluarga. Beberapa hal yang perlu dilakukan ketika kamu hendak membeli buah dan sayur adalah, pastikan buah dan sayur tetap dalam kemasan yang didapat dari penjual. Kemudian  simpan buah dan sayur dalam bungkusan atau kemasan itu di tempat yang terisolasi selama beberapa waktu tanpa menyentuhnya.

Penting Kebersihan Buah dan Sayur Saat Pandemi Corona

Sebenarnya ada beberapa alasan lain yang mendasari mengapa kita harus mencuci buah dan sayuran. Ada banyak sekali kotoran yang terdapat di buah dan sayur yang baru dibeli. Pasti saja tidak akan ada orang yang mau untuk memakan kotoran pada buah dan sayur. Selanjutnya banyak juga buah dan sayuran yang sudah disemprot dengan pestisida. Alasan penyemprotan ini untuk menghindari hama yang akan mengganggu pertumbuhan buah dan sayur. Namu tentu saja zat pestisida tidak aman untuk dikonsumsi. Yang paling penting untuk mencuci buah dan sayuran adalah untuk melindungi diri sendiri dari penyakit bawaan makanan dan juga bakteri, seperti E. Coli. Untuk cara mencucinya dapat kamu lakukan seperti dibawah ini.

1. Cuci Sayuran dan Buah yang Keras

Proses pencucian ini harus dimulai dari sayuran dan buah-buahan yang memiliki tekstur keras atau memiliki lapisan luar tebal. Cuci sayuran dan buah di bawah air mengalir dan keringkan menggunakan handuk bersih yang lembut.

2. Cuci Sayuran Berdaun

Kamu taukan tidak semua sayuran memiliki daun, nah Karena itulah cuci sayuran berdaun terlebih dahulu. Caranya rendam sayuran berdaun kedalam ember yang berisi air bersih. Tunggu beberapa menit sambil bersihkan kotoran menggunakan tangan. Saring airnya dan bilas supaya memastikan tidak ada kotoran tersisa. Setelah selesai keluarkan sayuran dan masukkan ke saringan besar agar dapat kering dengan sendirinya. Jangan lupa untuk membuang daun terluar dari semua sayuran yang kemungkinan sudah terkontaminasi bakteri.

3. Cuci Jamur

Jika Kamu membeli jamur sebaiknya pisahkan dahulu jangan dicampur. Cuci jamur dengan cara yang sama seperti Kamu membersihkan sayuran tebal. Cara terbaik membersihkannya menggunakan kain karena mencuci langsung dengan air akan membuat jamur lebih sulit dibersihkan serta memungkinkan merusak teksturnya.

4. Buang Bagian yang Busuk

Perhatikan sayuran atau buah yang Kamu beli, pastikan lihat bagian bintik hitam pada sayuran atau buah-buahan. Jika ada bagian yang busuk langsung dibuang saja bagian tersebut dengan memotongnya.

5. Gunakan Air Hangat

Cara ini dianggap sangat efektif membunuh bakteri. Caranya rebus air dalam wajan dan matikan api selanjutnya rendam sayuran ke dalam air yang hangat dan biarkan selama kurang lebih delapan menit. Setelah itu segera bilas menggunakan air yang sangat dingin. Proses ini membantu mempertahankan warna sayuran dan mencegah sayuran menjadi matang. Ini juga bisa menghilangkan sebagian besar pestisida dari sayuran.

6. Jangan Pakai Sabun

Meskipun ada produk sabun atau deterjen yang bisa digunakan buat buah dan sayuran, sebaiknya tetap jangan digunakan. Sabun bisa saja masuk ke dalam sayur atau buah sehingga mencemari bahan kimia. Kamu bisa mengganti sabun dengan cuka sebagai gantinya.