November 27, 2020

cialis12sample.com

Info Traveling dan Wisata

Efek Buruk Dari Menimbun Sampah

Efek Buruk Dari Menimbun Sampah

Jasa Poles Marmer Jakarta – Timbunan sampah yang sudah dibiarkan dalam waktu yang cukup lama ternyata akan menimbulkan masalah baru bagi lingkungan. Bukan hanya menjadi salah satu faktor penyebab banjir saja, timbunan yang sering dilakukan oleh masyarakat sekitar akan menyebabkan efek yang buruk bagi orang disekitarnya. Kebiasaan menimbun sampah seperti ini apalagi jika sampah yang ditimbun adalah jenis sampah anorganik atau yang tidak bisa terurai, tentu saja sampah jenis akan menjadi salah satu pencemah lingkungan dan membuat masyarakat sekitarnya menjadi tidak nyaman. Untuk dapat menyadarkan semua orang, sebaiknya mereka harus mengetahui bahaya apa yang akan ditimbukan dari tibunan sampah tersebut. Setidaknya dengan cara ini akan menggerakkan mereka untuk peduli terhadap kebersihan.

Efek Buruk Dari Menimbun Sampah

Tempat Perkembang Biakan Bakteri, Serangga, dan Hama

Bukan menjadi rahasia lagi jika bakteri, serangga, dan berbagai jenis hama menjadikan tumpukan sampah sebagai tempat berkembang biak yang paling cocok. Contohnya lalat yang berada di tumpukan sampah di sekitar rumah Kamu akan terbang dan menmpel di makanan yang Kamu hidangkan di atas meja makan. Jika kamu memakan makanan yang dihinggapi lalat tadi, maka akan meningkatkan risiko infeksi bakteri salmonella yang bisa mengakibatkan demam, keracunan makanan, sampai gastroenteritis.

Menimbulkan Risiko Penyakit Pernapasan

Timbunan sampah yang terlalu banyak dan didiamkan dalam waktu yang lama mampu menghasilkan luapan yang merupakan polusi udara. Jika tubuh yang terpapar oleh polusi lama kelamaan bisa menderita penyakit pernapasan. Berbagai macam zat beracun hasil luapan sampah antara lain adalah karbon dioksida, dinitrogen oksida, dan metana. Polusi yang berasal dari tumpukan sampah akan mengeluarkan dari bau tak sedap yang umumnya berasal dari limbah cair atau sampah yang mulai terurai.

Pencemaran Air di Lingkungan

Ketika hujan turun pasti timbunan sampah tersebut akan terbawa oleh arus air dan ikut mengotori sungai. Kondisi ini tentu saja merupakan salah satu penyebab pencemaran air. Tidak hanya menjadikan air tersebut menjadi tidak layak dikonsumsi, namun pencemaran sampah pada air juga bisa mempengaruhi semua ekosistem, seperti ikan atau hewan lain yang hidup dari air yang tercemar sampah. Pada saat kamu mengonsumsi ikan atau hewan tersebut, secara tidak langsung kamu juga tercemar oleh zat beracun.

Timbulnya Penyakit Tertentu

Pada saat Kamu mempunyai kebiasaan menimbun tumpukan sampah untuk waktu yang lama, sampah tersebut dalam jangka waktu yang lama akan mengeluarkan zat beracun. Nah jika zat beracun ini bersentuhan dengan kulit, maka tentu saja Kamu akan berisiko terkena penyakit kulit. Penyakit lain yang bisa timbul dari kebiasaan buruk menimbun sampah dapat disebabkan dari gigitan hewan yang bersarang di sampah tersebut. seperti contohnya sampah juga merupakan tempat yang cocok bagi nyamuk demam berdarah, ketika Kamu digigit oleh nyamuk itu, Kamu bisa terkena penyakit demam berdarah.

Mengganggu Kenyamanan Masyarakat

Contohnya yang paling mudah adalah ketika kamu berada disuatu tempat dan ingin menikmati keindahan tempat itu, namun ternyata kamu mencium bau busuk yang dihasilkan dari timbunan sampah. Dengan begini kamu pasti akan segera meninggalkan tempat tersebut karena merasa tidak nyaman. Hal ini membuktikan bahwa kebiasaan menimbun sampah bisa mengganggu kenyamanan masyarakat. Sampah yang nantinya juga akan tersebar di penjuru kota pasti akan membawa dampak negatif bagi pemerintah kota tersebut. seperti halnya wisatawan dari luar kota atau luar negara sudah pasti tidak mau mengunjungi tempat yang kotor dan tercemar oleh timbunan sampah yang bau.

Itulah mengapa bahaya menimbun tumpukan sampah ini harus kita waspadai sejak saat ini. Setidaknya kurangi produksi sampah anorganik dengan menggunakan wadah atau kemasan yang sifatnya mudah terurai. Selain itu, kamu juga bisa membuang sampah rumah tangga setiap hari. Ingat! Jangan pernah menimbun sampah dalam waktu yang lama jika Kamu ingin hidup di lingkungan yang bersih dan sehat.